Download CV

Teknik Kompilasi : Rhs-Lang – Membuat Bahasa Pemograman Sendiri

Maret 17, 2020

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik semuanya. Kali ini gue akan membahas mengenai project kuliah lagi. Yaitu ketika gue Semester 4. Pada saat itu gue mengambil mata kuliah Teknik Kompilasi. Nah pada mata kuliah ini ceritanya diminta untuk membuat bahasa pemograman sendiri. Enggak sendiri juga sih. Namun berkelompok.

Sejarah dibalik terciptanya Rhs-Lang

Jadi kala itu gue satu kelompok dengan Nia Zulia dan Fitri Amalia Langgundi. Kelompok ini terbentuk dari acakan urutan menghitung angka. kemudian entah apa yang terjadi tercetuslah bahasa Rhs-Lang.

Sebelum masuk pada project, seperti biasa akan gue jelasin sedikit mengenai pengantar dari teknik kompilasi atau esolang ini.

APA ITU TEKNIK KOMPILASI?

Teknik Kompilasi merupakan Teknik dalam melakukan pembacaan suatu program yang ditulis dalam bahasa sumber, kemudian diterjemahkan ke dalam suatu bahasa lain yang disebut bahasa sasaran.

Proses Analisis

Secara umum proses dalam tahap analis terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :

  1. Proses analisis leksikal
  2. Proses analisis sintaktik
  3. Proses analisis semantik

Tahap Sintesis

Tahap sintesis yang berikutnya program sasaran dibentuk berdasarkan representasi antara yang dihasilkan pada tahap analisis. Untuk tahap sintetis terdiri dari 2 bagian utama, yaitu

  1. Proses yang menghasilkan kode (code generator)
  2. Proses optimasi kode (code optimizer)

Sebelum Bahasa sasaran dapat dihasilkan, dalam melakukan ini tiap bagian utama akan berhubungan dan berkomunikasi dengan suatu berkas tabel yang disebut tabel simbol (symbol table) yaitu suatu tabel yang berisi semua simbol yang digunakan dalam bahasa sumber. Selain kompilator masih diperlukan beberapa program lainnya sebelum dapat dibentuk bahasa sasaran yang dapat dijalankan. Seperti suatu bahasa sumber dapat dituliskan dalam beberapa modul yang terpisah dan disimpan dalam beberapa file yang terpisah.

Untuk menanggulangi hal ini, maka suatu program khusus yang disebut dengan suatu praprosesor digunakan untuk mengumpulkan modul-modul yang saling lepas ini ke dalam suatu program baru. Praposesor dapat pula melengkapi singkatan-singkatan atau ungkapan-ungkapan maupun kependekan-kependekan yang digunakan dalam bahasa sumber seperti pendef.

Projek : Rhs-Lang

Apa si yang dihasilkan dari mata kuliah Teknik Kompilasi? Ya tentunya bahasa sendiri. Seperti yang sudah guejelaskan diawal tadi, Gue membuat bahasa sendiri yang gue namai Rhs-Lang. untuk file projeknya bisa dilihat di github saya. Linknya ada dibawah ini

Manual Book : Rhs-Lang

Berikut juga sudah gue siapkan manual book nya bagi temen-temen yang ingin meng-install dan mencobanya.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [0.96 MB]

BONUS

Macam-macam Bahasa Esolang

Sebenarnya banyak sekali bahasa esolang yang dibuat untuk menghasilkan “Hello Word”, gambar diatas merupakan salah satu cuplikan dari sekan banyak bahasa. Untuk melihatnya bisa kunjungi melalui link dibawah ini.

Terima kasih. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Posted in ProjectTags:
Related Posts
Write a comment